Kisah Gagal 2014

(image via Kaboompics)

Mungkin sudah terlalu banyak kita mendengar kisah sukses, kisah inspiratif, dari para entrepreneur, business-owner, pelaku usaha ataupun mereka yang baru saja terjun di dunia kewirausahaan. 'From zero to millionaire' bukan hal yang tidak mungkin.

Saya juga sudah banyak membaca artikel ataupun mendengar langsung cerita dan kisah di balik kesuksesan seseorang. Yang jarang saya dengar dan baca adalah kisah gagal. Ya, gagal! Saya pikir ini juga merupakan hal penting untuk diketahui. Bisa menjadikannya sebagai pelajaran mahal dan pengalaman untuk kita para pelaku usaha, baik dalam lingkup usaha mikro, usaha kecil, menengah ataupun pebisnis kelas kakap.

Tentunya konteks 'gagal' dalam dunia usaha disini meliputi banyak aspek; mungkin saja salah perencanaan, terlilit hutang, produk atau jasa yang kurang menarik, SDM yang kurang kompeten, ditipu supplier/klien, ditelikung teman sendiri/partner dan lain sebagainya.

Ada yang mau 'share' kisah gagalnya di sepanjang tahun 2014 kemarin?

1 Response

Good idea teman Anton. Di awal 2014 saya mencoba menjual foto-foto saya secara online melalu portal instaprint. Menurut saya, foto-foto saya mempunyai ciri khas sendiri dan akan diappresiasi oleh pencinta foto dari luar negeri. Beberapa orang mengunjungi halaman foto saya dan memberikan tanda "like" tetapi belum ada yang membeli padahal saya mempunyai beberapa foto langka seperti long ears lady dari Borneo tetapi nyatanya hal tsb tidak cukup mendorong orang untuk membeli

Add a Comment