Mengelola Konten Media Sosial untuk Menaikkan Brand

Dewasa ini, internet marketing sudah banyak digunakan sebagai upaya menaikkan brand suatu usaha salah satunya melalui media sosial. Sesuai dengan namanya, “sosial” berarti mencari teman sebanyak mungkin dan “media” sebagai lahan untuk menyajikan informasi kepada teman-teman tersebut. Tidak ada kata “bisnis” dalam media sosial. Apa saja tips mengelola konten media sosial untuk menaikkan brand? Yuk, simak...

Kesalahan banyak orang adalah menggunakan media sosial untuk jualan, jualan dan jualan. Padahal orang jadi malas menyimak media sosial tersebut. Contoh saja saat kita ditawarkan sebuah produk oleh orang yang tidak kita kenal di jalan, kita tentu jadi malas bahkan kadang takut untuk membelinya.

Bandingkan dengan teman kantor/kampus yang menawarkan jualan mereka di kantor/kampus, biasanya cepat laku. Ini karena faktor kepercayaan yang kita bangun sebagai teman. Semakin dekat hubungan kita kepada seseorang, maka akan semakin mudah menjual dagangannya kepada kita.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah "sosial". Cari teman sebanyak-banyaknya, barulah berpikir mengenai menaikkan brand dan jualan. Yang kedua adalah media, sajikan informasi sebanyak-banyaknya namun pastikan informasi yang kamu berikan yang memberikan benefit, maka akun media sosial tersebut akan berkembang, dengan catatan bahwa bisa jadi perkembangannya akan sedikit demi sedikit.

Para pelakunya juga harus tanggap dengan trend terbaru. Misalnya seperti sekarang, koneksi internet di Indonesia yang terbilang sudah cepat sehingga memunculkan trend terbaru, yaitu foto dan video. Hal ini menuntut kita untuk bisa fotografi dan videografi. Orang-orang yang menguasai foto dan video adalah pemenang di saat sekarang. Jika kita tidak megikuti trend yang ada, maka kita akan tertinggal.

Pentingnya mengelola konten media sosial

1. Membangun awareness

Hal pertama yang penting dalam penggunaan konten media sosial untuk menaikkan brand adalah membangun awareness atau kesadaran masyarakat. Orang akan terinformasi dengan keberadaan produk/jasa yang ditawarkan. Mengetahui siapa pemilik, orang-orang yang terlibat, letak lokasi, kontak, kelebihan-kelebihan yang menguntungkan, hingga promo-promo menarik yang kamu tawarkan.

2. Membangun interaksi

Media sosial kini menjadi media silaturahim dan media “kepo” bagi masyarakat. Bukan sekedar buat jualan beli online shop saja. Sehingga pengelolaan konten merupakan sebuah pekerjaan jangka panjang. Dalam upaya menaikkan brand melalui media sosial ini, jangan dulu mengharapkan terjadinya penjualan, meskipun tingkat interaksi di setiap postingan tinggi. Lho, kalau bukan untuk jualan, ngapain capek-capek buat konten? Jawabannya ada di nomor 3 ya.

3. Membangun branding atau authority

Trust is the key. Bisnis, usaha, brand membutuhkan trust. Masyarakat membutuhkan kepercayaan (trust) terlebih dahulu bahwa brand yang kita naungi bukan brand abal-abal apalagi kloningan alias tipu-tipu. Baik pemilik, karyawan, personil, partner, hingga semua orang yang terlibat merupakan kumpulan orang baik-baik, dapat dipercaya dan senang berbagi hal yang baik-baik. Jadi kita bangun kepercayaan dengan media sosial kita. Bagaimana caranya? Bisa dengan membagi momen tertentu dalam bentuk konten baik sebagai pribadi, profesional, maupun pemilik usaha melalui media sosial. Jadi, konten memperkuat persepsi orang terhadap brand kita.

Apa saja yang bisa dibuat konten?

Tentunya segala hal yang positif, baik itu informasi tentang bisnis, produk, hingga brand itu sendiri seperti promo, gambar, foto, grafik, video, e-book, yang dibagikan di situs atau di media sosial. Sumbernya bisa diambil di internet seperti: Pinterest, Instagram, Google dan sebagainya. Namun lebih disarankan menggunakan konten yang orisinil.

Pakailah kata-kata motivasi, kutipan, inspirasi, atau cerita dari buah pikiran dan pengalaman orang-orang yang teribat dalam usaha/brand sendiri. Karena orang-orang haus akan cerita-cerita sukses orang lain, perjalanan suka-duka dalam membangun bisnis, atau tips dan trik bisnis di industri yang orang lain geluti.

Oya hari ini 10 Juni 2017 merupakan peringatan Hari Media Sosial, ayo berikan dampak dan manfaat positif dari media sosial.


Ref.: Goromedia

Foto: Startup Stock Photos

Add a Comment