Pentingnya Memiliki Banyak Followers Instagram untuk Branding Produk dan Jasa

Sebagian masyarakat Indonesia telah memiliki aplikasi Instagram sebagai media sosial untuk mengunggah dan mengedit foto atau video ke jejaring sosial. Penggunanya dapat bersosialisasi dengan beragam akun Instagram lainnya dari seluruh dunia. Fitur like, comment, follow, Instastories hingga Instagram Live diberikan Instagram agar kamu dapat mengukur jumlah like atau respon orang-orang terhadap foto dan video yang dibagikan. Fitur-fitur inilah yang dimanfaatkan penggunanya untuk membuka lapak berjualan secara online. Banyaknya followers di akun Instagram menjadi tolok ukur kepercayaan masyarakat terhadap suatu brand. Apakah brand tersebut terpercaya dan mendapat banyak respon positif (likes & followers) ataukah tidak. Itulah pentingnya memiliki banyak followers Instagram untuk branding produk dan jasa.

Media sosial Instagram kian berkembang dengan hadirnya banyak pelapak online yang menawarkan barang dagangannya karena Instagram kini telah menjadi pangsa pasar yang sangat menguntungkan bagi pedagang online. Beberapa pedagang online mulai menyadari bahwa Instagram telah menjadi pasar potensial untuk ladang bisnis serta menaikkan brand mereka. Ditambah lagi ada berbagai manfaat jika memiliki banyak followers di Instagram untuk brand/usaha online mereka.

Kevin Systrom selaku CEO Instagram mengatakan, sekitar 300 juta pengguna akun aktif Instagram tiap bulannya dan terus merangkak naik sejak dibeli oleh Facebook. Di Indonesia sendiri, pengguna akun aktif instagram ditaksir mencapai lebih dari 20 juta. Dengan jumlah demikian, tentunya Instagram menjadi platform yang strategis untuk mendorong penjualan produk hingga menaikkan brand.


Strategi penawaran produk/jasa di Instagram

1. Membuat akun khusus berjualan

Buatlah akun khusus untuk berjualan online untuk memudahkan pengguna Instagram dan calon pembeli dalam mencari akun brand-mu di mesin pencarian Instagram. Di sinilah kamu bisa berkreasi dengan konten yang akan menjadikan brand-mu yang tak lekang oleh waktu.

2. Memanfaatkan followers

Jumlah followers sangat mempengaruhi akun brand yang kamu miliki. Semakin banyak followers semakin populer dan berada di urutan teratas di mesin pencarian Instagram. Jika akun brand kamu terus berada di urutan teratas, bukan tidak mungkin pengguna Instagram akan hafal dengan nama akun brand-mu. Sehingga akun yang kamu miliki menjadi populer dan semakin dikenal masyarakat luas. Itulah manfaat banyaknya followers Instagram untuk menaikkan brand.

3. Cantumkan testimoni pelanggan

Setidaknya kamu bisa mencantumkan testimoni sebagai bukti kepuasan dari pelanggan sebelumnya, unggahlah foto atau video di Instagram yang berisi testimoni dari beberapa pelanggan agar pengguna Instagram lainnya lebih percaya untuk membeli produk/jasa yang kamu tawarkan.

4. Gunakan foto asli dan caption menarik

Usahakan gunakan foto asli produk/jasa yang kamu jual dan sertakan pula caption foto yang menarik beserta hashtag yang memudahkan foto tersebut dicari oleh pengguna Instagram.


Keuntungan memiliki banyak followers Instagram untuk branding produk/jasa

1. Akun Instagram lainnya akan ikut mem-follow

Dengan memiliki jumlah followers yang banyak maka tidak menutup kemungkinan beberapa calon pembeli akan mem-follow akun brand kamu untuk mendapatkan beberapa informasi produk/jasa yang ditawarkan dengan cara mem-follow akun Instagram tersebut.

2. Berada di kolom teratas pencarian

Akun dengan banyak followers dapat menjadi akun Instagram yang berada di urutan teratas di kolom pencarian karena akun tersebut memiliki tingkat kepopuleran yang cukup tinggi dengan jumlah followers yang banyak. Misalnya jika kamu mencari “toko jaket online” di kolom pencarian Instagram, maka akun Instagram dengan jumlah followers tertinggilah yang akan berada di urutan teratas.


Bagaimana cara mendapatkan banyak followers di Instagram?

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan banyak followers di Instagram. Membeli followers, menggunakan jasa iklan Instagram Ads, atau dengan hanya menyajikan konten yang memuat ‘WOW Factor’. Followers akan bertambah drastis jika akun yang kamu miliki mempunyai konten yang WOW. Konten yang luar biasa unik, sehingga mungkin akun tersebut jadi satu-satunya di dunia yang bisa melakukannya. Atau konten yang membuat orang lain merasa iri seraya berkata “andai saya bisa seperti itu.” Jika konten sudah menarik dan WOW, maka tidak perlu lagi memasang iklan.


Sumber: Goromedia

Foto: Erik Lucatero

Add a Comment